Rabu, 26 Februari 2014

KEMAMPUAN AKADEMIK PENTING TETAPI BUKAN UTAMA DALAM MENCAPAI HIDUP SUKSES


oleh: Ratnaningsih, Nofiana Pratiwi, Eka Astria Wijayan, Hany Astuti, Yuni Astuti (a2 2009)

     Latar Belakang

Dewasa ini perkembangan IPTEK adalah suatu hal yang mempengaruhi kehidupan manusia. Perkembangan IPTEK saat ini berkembang sangat pesat sehingga hal ini sangat mempengaruhi bagaimana seseorang dapat menjalani kehidupan ini dengan mengikuti perkembangan yang ada. Salah satu faktor perkembangan IPTEK membutuhkan kecerdasan akademik yang tinggi. Tetapi kemampuan akademik ini bukanlah yang paling utama dalam menuju hidup sukses.
Menurut survey yang diterbitkan oleh National Assosation of Colleges and Employers (NACE) pada tahun 2002 di Amerika Serikat, dari hasil jejak pendapat pada 457 pengusaha, diperoleh kesimpulan bahwa IP hanyalah nomer 17 dari 20 kualitas yang dianggap penting dari seorang lulusan dunia pendidikan. Kemampuan berkomunnikasi menduduki tingkat pertama untuk menuju hidup sukses, peringkat kedua adalah kejujuran, dan ketiga adalah kemampuan bekerjasama. Jadi dari apa yang sudah diuraikan di atas kemampuan akademik bukanlah yang peling utama dalam menuju hidup sukses. Oleh karena itu maka dalam makalah ini akan dibahas mengenai Kemampuan Akademik Penting Tetapi Bukan Utama dalam Menuju Hidup Sukses

  1. Pengertian Kemampuan Akademik
Kemampuan akademik adalah prestasi yang dicapai mahasiswa yang dinyatakan dengan nilai akhir untuk setiap kegiatan akademik dan indeks prestasi untuk kegiatan akademik dalam kurun waktu tertentu. Selain kemampuan akademik, seseorang harus mengupayakan kemampuan softskill. Banyak yang mengungkapkan bahwa lulusan universitas yang dibutuhkan di dunia kerja adalah lulusan yang tidak hanya memiliki hardskills namun juga yang memiliki serangkaian softskill.
Kegagalan seseorang ketika harus terjun ke masyarakat  sebagian besar disebabkan rendahnya softskill yang dimiliki. Softskill memang tidak hanya diperoleh dalam dunia pendidikan  dan harus diasah sendiri. Namun ada juga orang yang hanya mengasah kemampuan softskillnya saja dan tidak menghiraukan keterampilan akademiknya. Contohnya saja, seorang mahasiswa yang menyibukkan dirinya di organisasi kampus terkadang mendapat lebel dari masyarakat sebagai mahasiswa abadi dikarenakan ia hanya mengurus urusan-urusan organisasi yang ia ikuti.

  1. Pengertian Hidup Sukses
Pada dasarnya pengertian sukses sangatlah luas, seseorang memandang orang lain “sukses” adalah relatif. Setiap orang mempunyai indikator tersendiri untuk menganggap bahwa orang lain itu sukses. Sebagian orang mungkin beranggapan bahwa sukses itu memiliki pekerjaan yang tetap, kehidupan yang sejahtera, keluarga yang harmonis, kekayaan yang melimpah dan sebagainya. Sungguh pengertian kesuksesan itu sangatlah luas, dimana kesuksesan itu tidak hanya dipandang dari satu sisi saja melainkan dari berbagai sisi yang mendukungnya. Jika kita menanyakan arti kesuksesan antara satu orang dan orang lainya mungkin kita akan mendapatkan jawaban yang berbeda-beda. Jim Rohn mengatakan bahwa “Success is something you attract by the person you become.” yang artinya “Kesuksesan adalah sesuatu yang anda tarik/ dapatkan oleh diri anda yang layak untuk mendapatkannya.”
Perlu ditekankan bahwa, sukses bukan lagi menjadi hal yang wajib buat kita, tetapi kebutuhan yang memang harus kita penuhi di dunia ini. Sukses itu adalah milik kita semua. Bukan milik satu atau dua orang saja, bukan milik orang dari keturunan konglomerat atau kerajaan, bukan milik orang-orang kaya yang berduit banyak, tetapi semua individu itu memiliki dasar kesuksesan didalam dirinya. Jadi dapat tekankan bahwa, sukses itu akan dirasakan apabila bisa mempunyai banyak nilai, dan dari nilai yang dimiliki itu bisa memberi kebaikan, pertolongan, manfaat, kontribusi maksimal kepada orang lain.

untuk makalah lengkapnya bisa didownload DISINI

1 komentar:

  1. pintar belum tentu suksess tapi suksess sudah pasti pintar

    BalasHapus