Rabu, 26 Februari 2014

Perencanaan Pembelajaran


Setiap keberhasilan selalu membutuhkan perencanaan yang baik.
Karena kebaikan yang tidak terorganisir akan kalah oleh kejahatan yang sistematis.

Bagi sobat CaGur yang hendak sukses dalam menjalankan misi-nya didalam kelas ada baiknya mempertimbangkan dan mematangkan sebuah perencanaan pembelajaran yang tertata. Entah itu microteaching, PPL maupun kelak ketika sudah menjadi guru, sebuah perencanaan pembelajaran ini merupakan salah satu ramuan ampuh agar pembelajaran di dalam kelas berlangsung sukses.

Perencanaan pembelajaran memberikan rasa percaya diri. Ada pepatah kuno mengatakan: "Sebuah tindakan yang direncanakan tapi gagal jauh lebih baik daripada keberhasilan yang tak terencana. Sebab dalam langkah selanjutnya apabila kemudian terjadi kegagalan, orang yang memiliki rencana akan tahu dimana letak kegagalannya." (anonim). Sekedar pengalaman saja, saya pernah mengalami keadaan dimana saya harus microteaching tapi perencanaan saya tidak matang, hal yang terjadi selanjutnya adalah munculnya ketidaknyamanan saya saat mengajar. Oleh karenanya sebuah perencanaan pembelajaran harus ditata dengan baik, mengingat urgensitasnya bagi keberlangsungan pengajaran dalam kelas.

Komponen perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran memiliki banyak komponen, diantaranya meliputi: Strategi pembelajaran, metode pembelajaran, media, dan masih banyak lagi. Umumnya perencanaan pembelajaran dituangkan kedalam beberapa komponen yang harus disusun oleh guru yaitu: silabus, rpp, bahan ajar, media pembelajaran, (yang kesemuanya kemudian bisa dirangkum dalam bentuk subject specific pedagogy)

Hmm, sepertinya saya tidak terlalu pandai dalam menjelaskan mengenai perencanaan pembelajaran, bagi yang ingin belajar mengenai perencanaan pembelajaran lebih lanjut, mungkin makalah ini bisa membantu sobat CaGur semua. makalah tersebut bisa didownload DISINI 

2 komentar: