Sabtu, 01 Maret 2014

Kewirausahaan: Membuat Marketing Plan dan Bussines Plan

Seperti apa dan bagaimana format Marketing Plan dan Bussines Plan?
mari kita simak :)




FORMAT MARKETING PLAN
Marketing Plan memuat hal-hal sebagai berikut :
  1. Analisa situasi (S.W.O.T)
S : Strengh/ Kekuatan
W : Weakness/ Kelemahan
O : Opportunity/ Peluang
T : Threat/ Ancaman
Pebisnis harus menganalisa keadaan intern dan ekstern perusahaannya. Keadaan intern meliputi gambaran terakhir serta analisis jumlah yang diperoleh. Melakukan analisa sumber daya manusia dan sumber daya lainnya.
Keadaan ekstern yang perlu diperhatikan adalah keadaan makro yang berhubungan dengan kepentingan perusahaan. Analisis makro ini meliputi keadaan politik, ekonomi,sosial, budaya. Analisis intern dan ekstern tersebut dilengkapi lagi dengan analisis S.W.O.T
  1. Tujuan Pemasaran (Marketing Objectives)
Tujuan pemasaran perusahaan beraneka ragam sesuai dengan kepentingan perusahaan masing – masing. Sebagai contoh dapat dikemukakan tujuan pemasaran, mempertahankan posisi perusahaan sebagai market leader, atau memperluas penguasaan market.
  1. Strategi Inti (Core Strategy)
Merupakan alternatif strategi yang terpilih dalam decision making. Untuk menghasilkan strategi inti ini dibutuhkan pemikiran mendalam didukung oleh data dan fakta sehingga dapat dirumuskan secara tajam
  1. Jadwal Pelaksanaan (Action Plan)
Action plan lebih banyak, sebab disini dielaborasi lebih rinci. Jika
strategi inti yang ingin dilaksanakan berupa pengembangan produk, maka harus dijabarkan model, bahan, mutu,kemasan, dsb
Action plan harus dapat menjawab beberapa pertanyaan :
  • What, apa tugas yang harus dilakukan?
  • Who, siapa orang yang harus bertugas dan bertanggung jawab?
  • When, kapan pekerjaan harus dilaksanakan dan harus selesai?
  • Where, jika diperlukan dimana percobaan pasar akan dilakukan?
  • How, bagaimana cara melaksanakan tugas tersebut?
  1. Anggaran Pemasaran (Marketing Budget)
Didalam marketing budget dengan jelas harus dinyatakan besar biaya yang diperlukan, jenis kegiatan pemasaran untuk berbagai teknikpromosi, melakukan riset pemasaran, dsb
  1. Pengawasan (Control)
Untuk semua implementasi marketing plan harus dilakukan pengawasan. Pengawasan dilakukan dengan membaca dan mempelajari laporan tertulis dari pelaksana ataupun hasil observasi. Jika terjadi penyimpangan atau kendala dalam pelaksanaan, maka harus segera diambil tindakan perbaikan.


BUSINESS PLAN

I. Bentuk Formal Business Plan

  1. Halaman Depan
Dicantumkan nama dan alamat perusahaan, nama orang yang bertanggung jawab yang bisa dihubungi sewaktu-waktu
  1. Daftar Isi

Membuat daftar isi secara rinci dengan nomer-nomer halamannya

  1. Rangkuman eksekutif
Sangat penting karena pembaca ingin melihat secara cepat ttg isi keseluruhan business plan. Rangkuman ini merupakan inti dari perencanaan.
  1. Penjelasan tentang Perusahaan

Diungkapkan strategi perusahaan serta tim manajemen yang mengelola perusahaan

  1. Pemasaran
Diungkapkan pasar yang dituju seberapa besar potensi pasar dan berbagai strategi serta ramalan tentang target konsumen dimasa yang akan datang
  1. Barang dan jasa yang dihasilkan
Diungkapkan mengenai kualitas, kuantitas dan kegunaan dan keistimewaan barang dan jasa yang ditawarkan
  1. Usaha meningkatkan penjualan
Dijelaskan tentang berbagai teknik promosi yang akan digunakan, tenaga penjualan, perwakilan-perwakilan penjualan, dsb
  1. Permodalan
Diungkapkan rencana permodalan dan proyek permodalan neraca pendahuluan, aliran kas, dan pendapatan
  1. Apendix
Dilampirkan berbagai keterangan yang diperlukan untuk melengkapi business plan. Misalnya akte pendirian perusahaan, SIUPP, sertifikat, dsb 

penjelasan mengenai bussiness plan download DISINI
penjelasan mengenai format bussines plan download DISINI
template bussines plan download DISINI
download contoh bussines plan (warnet) bisa didownload DISINI
download contoh bussines plan (hijab) bisa download DISINI
download contoh bussines plan (kripik singkong) bisa didownload DISINI

4 komentar:

  1. marketing plan yang terstruktur akan membuat bisnis menjadi lancar dan tentunya menguntungkan gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju banget juragan, bisa mengundang pemodal besar jika memang perencanaannya baik :)

      Hapus