Seperti apa dan bagaimana format Marketing Plan dan Bussines Plan?
mari kita simak :)
FORMAT MARKETING PLAN
Marketing Plan memuat
hal-hal sebagai berikut :
- Analisa situasi (S.W.O.T)
S :
Strengh/ Kekuatan
W :
Weakness/ Kelemahan
O
: Opportunity/ Peluang
T :
Threat/ Ancaman
Pebisnis
harus menganalisa keadaan intern dan ekstern perusahaannya. Keadaan
intern meliputi gambaran terakhir serta analisis jumlah
yang diperoleh. Melakukan analisa sumber daya manusia dan sumber daya
lainnya.
Keadaan
ekstern yang perlu diperhatikan adalah keadaan makro yang berhubungan
dengan kepentingan perusahaan. Analisis makro ini meliputi keadaan
politik, ekonomi,sosial, budaya. Analisis intern dan ekstern tersebut
dilengkapi lagi dengan analisis S.W.O.T
- Tujuan Pemasaran (Marketing Objectives)
Tujuan
pemasaran perusahaan beraneka ragam sesuai dengan kepentingan
perusahaan masing
– masing. Sebagai contoh dapat dikemukakan tujuan pemasaran,
mempertahankan posisi perusahaan sebagai market leader, atau
memperluas penguasaan market.
- Strategi Inti (Core Strategy)
Merupakan alternatif
strategi yang terpilih dalam decision making. Untuk menghasilkan
strategi inti ini dibutuhkan pemikiran mendalam didukung oleh data
dan fakta sehingga dapat dirumuskan secara tajam
- Jadwal Pelaksanaan (Action Plan)
Action plan lebih banyak,
sebab disini dielaborasi lebih rinci. Jika
strategi inti yang ingin
dilaksanakan berupa pengembangan produk, maka harus dijabarkan model,
bahan, mutu,kemasan, dsb
Action plan harus dapat
menjawab beberapa pertanyaan :
- What, apa tugas yang harus dilakukan?
- Who, siapa orang yang harus bertugas dan bertanggung jawab?
- When, kapan pekerjaan harus dilaksanakan dan harus selesai?
- Where, jika diperlukan dimana percobaan pasar akan dilakukan?
- How, bagaimana cara melaksanakan tugas tersebut?
- Anggaran Pemasaran (Marketing Budget)
Didalam marketing budget
dengan jelas harus dinyatakan besar biaya yang diperlukan, jenis
kegiatan pemasaran untuk berbagai teknikpromosi, melakukan riset
pemasaran, dsb
- Pengawasan (Control)
Untuk semua implementasi
marketing plan harus dilakukan pengawasan. Pengawasan dilakukan
dengan membaca dan mempelajari laporan tertulis dari pelaksana
ataupun hasil observasi. Jika terjadi penyimpangan atau kendala dalam
pelaksanaan, maka harus segera diambil tindakan perbaikan.
BUSINESS PLAN
I. Bentuk Formal Business Plan
- Halaman Depan
Dicantumkan nama
dan alamat perusahaan, nama orang yang bertanggung
jawab yang bisa dihubungi sewaktu-waktu
- Daftar Isi
Membuat daftar isi secara rinci dengan nomer-nomer halamannya
- Rangkuman eksekutif
Sangat penting karena pembaca ingin melihat
secara cepat ttg isi keseluruhan business plan. Rangkuman ini
merupakan inti dari perencanaan.
- Penjelasan tentang Perusahaan
Diungkapkan strategi perusahaan serta tim manajemen yang mengelola perusahaan
- Pemasaran
Diungkapkan pasar yang dituju seberapa besar potensi
pasar dan berbagai strategi serta ramalan tentang target konsumen
dimasa yang akan datang
- Barang dan jasa yang dihasilkan
Diungkapkan mengenai kualitas, kuantitas dan kegunaan
dan keistimewaan barang dan jasa yang ditawarkan
- Usaha meningkatkan penjualan
Dijelaskan tentang berbagai teknik promosi yang akan
digunakan, tenaga penjualan, perwakilan-perwakilan penjualan, dsb
- Permodalan
Diungkapkan rencana permodalan dan proyek permodalan
neraca pendahuluan, aliran kas, dan pendapatan
- Apendix
Dilampirkan
berbagai keterangan yang diperlukan untuk melengkapi business plan.
Misalnya akte pendirian perusahaan, SIUPP,
sertifikat, dsb
penjelasan mengenai bussiness plan download DISINI
penjelasan mengenai format bussines plan download DISINI
template bussines plan download DISINI
download contoh bussines plan (warnet) bisa didownload DISINI
download contoh bussines plan (hijab) bisa download DISINI
download contoh bussines plan (kripik singkong) bisa didownload DISINI
marketing plan yang terstruktur akan membuat bisnis menjadi lancar dan tentunya menguntungkan gan
BalasHapussetuju banget juragan, bisa mengundang pemodal besar jika memang perencanaannya baik :)
Hapusmembantu nih
BalasHapusoke gan... thx
Hapus